Sunday, 15 January 2012

Jawaban di Luar Pilihan Ganda



Saya sedang mengawasi tryout Ujian Nasional SMA. Ini adalah lembar jawabannya. 100 baris terdiri dari lingkaran A B C D E yang dianggap dapat menggambarkan pengetahuan siswa dengan memadai. Siswa-siswa ini menghabiskan sebagian besar dari 3 tahun masa SMA mereka untuk ujian-ujian ini, dan lihat berapa besar kesempatan yang diberikan untuk mengekspresikan dirinya - tidak ada sama sekali. Tidak ada pertanyaan esai yang harus dijawab dengan lebih dari sekadar mengisi lingkaran-lingkaran ini dengan pensil 2B, tapi dalam kata dan kalimat. Dari observasi saya, kemungkinan besar ini adalah salah satu alasan terkuat mengapa mahasiswa begitu sulit beradaptasi dengan lingkungan Perguruan Tinggi, dimana mereka diharuskan menulis paper. Paper menunjukkan bahwa siswa - di tingkat apapun - tidak hanya mengerti apa yang mereka pelajari, tapi juga melatih mereka untuk berpikir secara kritis terhadap materi pelajaran itu dan mengartikulasikan pendapat mereka dalam cara yang dapat dimengerti oleh orang lain. Kalau siswa SMA terus diuji dengan cara ini, generasi-generasi selanjutnya akan menghadapi resiko besar dalam beradaptasi dengan hidup setelah pendidikan karena mereka tidak akan dinilai hanya dalam ujian pilihan ganda, dimana akan selalu ada satu jawaban yang benar diantara beberapa pilihan yang tersedia.



I'm supervising high school National Examination tryouts today. This is what the answer sheet looks like in Indonesia. 100 lines of circled A B C D Es that are meant to adequately display the students' knowledge. These kids gear the best part of the 3 years they spent in high school towards doing well in these exams, and look how much space they have to express themselves - none. There are no essay questions that are to be answered by more than just pencilling in these circles, but with actual words and sentences. From my observation, this is probably one of the biggest reasons why they have such difficulty adapting to life in Higher Education where they are expected to write papers. Course papers show not only that students understand what they are learning, but also train them to think critically about the course content and articulate their opinions in a way that others will understand. If high school students continue to be examined like this, then generations to come will face serious risks in adapting to life after education because they won't only be tested in multiple-choice exams, where there will always be one right answer among the choices given.

No comments:

Post a Comment